Manfaat Bawang Bombay

Banyak orang-orang yang mengunakan bawang bombay didalam berbagai jenis makanan dikarenakan kandungan dan nutrisinya yang sangat amat tinggi dan dipercaya juga dapat memberi manfaat bagi kesehatan.

Kandungan Gizi didalam bawang bombay

Bawang bombay yang mempunyai nama ilmiah Allium Cepa Linnaeus, yaitu jensi bawang yang sering kita temukan di berbagai masakan. Dari pada itu teksturnya yang renyah, bawang tersebut juga mempunyai aroma khas yang dapat membantu menyedapkan makanan.

Bukan hanya itu saja, nyatanya bawang bombay juga kaya akan kandungan gizi dan manfaat. Dalam 100gram bawang bombay, yang terkandung dalam beberapa jenis.

Karbohidrat = 10.3gram.
Protein = 1.4 gram.
Lemak = 0.2 gram.
Serat = 2 gram.
Vitamin = 9 mg.
Natrium = 12mg.
Kalium = 9.6 mg.
Kalsium = 35 mg.
Zink = 0.3 mg.
Zat besi = 0.5 mg.
Vitamin B2 = 0.21 mcg.
Karoten total = 50 mcg.

Bawang bombay merupakan bahan makanan yang mengandung padat akan zat gizi.Bawang bombay rendah akan kalori namun tinggi akan vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan yang berada di dalam kandungan dalam bawang bombay.

Menjaga kesehatan Pada Jantung

Bawang bombay mempunyai manfaat cukup baik untuk kesehatan jatung dan pembulu darah. Terjaganya tekanan pada darah, hingga dapat juga menurunkan resiko terjadinya serangan jantung.

Hal tersebut disebabkan karena adanya kandungan kalium dari dalam bawang bombay yang mempunyai efek yang dapatmenurunkan tekanan darah.

Memperkuat Imune (Kekebalan Tubuh)

manfaat bawang bombay tersebut bisa menjadi penguat sistem imunitas pada tubuh. Polifenol dalam kandungan bawang bombay bertindak menjadi antioksidan, yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Fungsi sistem pencernaan

Serat yang ada di dalam bawang bombay dapat membuat sister kerja pencernaan dengan baik. Bawang bombay memiliki kandungan jensi serat yang khusus, yaitu serat larut yang merupakan Oligofructose.

Serat tersebut mampu memndorong pertumbuhan bakteri baik pada usus didalam tubuh. Oligofruktosa tersebut sangat dibutuhkan untuk membantu
mencegah dan mengatasi susah BAB (sembelit). Sembelit bisa menjadi salah satu faktor penyebab dari ambien yang feses berdarah saat buang air.

You may also like