Fakta Unik Kuda Nil

 

Kuda nil memang asli dari afrika dan mempunyai postur tubuh yang cukup besar, akan tetapi hewan satu ini sangat amat lihai dalam begerak cepat di air. Maka dari itu sudah tidak heran kalau mamalia tersebut akrab demgam habitat air. Kuda nil juga jenis hewan darat terbesar ketiga didunia setelah gajah semak afrika dan badak putih.

Kuda nil dapat berendam didalam air hingga 16jam dalam satu hari.

Air merupakan tempat paling difavoriti oleh kuda nil, makanya berendam menjadi aktivitas utama yang tidak bisa ditinggalkan oleh kuda nil. Binatang satu ini sanggup untuk berendam didalam air selama 16 jam dalam satu hari, itu artinya lebih dari setengah hari kuda nil tersebut sanggup beraktivitas lama di air. Ternyata fungsi berendam bagi kuda nil untuk mengatur suhu tubuh binatang besar ini agar tidak kepanasan.

Kuda nil Makan Pada malam hari

Berbeda dengan binatang mamalia lainnya, kuda nil tersebut mempunyai pola makan yang berbeda yaitu makan pada waktu mejelang malam hari. Ini dikarenakan pada malam hari menjadi waktu yang tepat untuk hewan yang satu ini mencari makan dan mengisi perut usai berendam di air. Hewan ini baru keluar untuk mencari rumput ketika senja telah usai. Setiap malamnya, kuda nil bahkan bisa makan rumput hingga 36 kilogram.

Tidak memiliki Kelenjar Keringat.

Fakta yang menarik lainnya menggenai kuda nil yaitu hewan tersebut tidak mempunyai kelenjar keringat. Sebagaimana diketahui bahwasannya kelenjar keringat pada kuda nil berfungsi untuk mengatur suhu tubuh supaya dapat mengeluarkan keringat. Jadi, karena tidak mempunyai kelenjar keringat, efeknya kuda nil pun rentan dehidrasi. Makanya ketika kuda nil keluar dari aktifitas berendam didalam air pada siang hari terik, mereka akan terkena dehidrasi yang cukup tinggi.

Namun demikian walaupun tidak memiliki kelenjar keringat, kulit pada kuda nil tetap saja mengeluarkan zat tabir surya yang alami yaitu cairan berwarna merah. Cairan tersebut mempunyai fungsi sama seperti keringat hewan lainnya. Cairan tersebut pun memberikan efek tabir surya alami bagi kuda nil. Namun tetap saja jika kuda nil berlama-lama di luar air, kulit mereka akan terlihat retak.

You may also like