5 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin

Apakah anda pernah mengalami kerontokan rambut yang sangat parah atau mengalami penglihatan yang buruk di malam hari? Ini bisa dikarenakan anda mengalami kekurangan vitamin. Saat menjaga kesehatan tubuh, setiap orang pastinya akan membutuhkan vitamin dan mineral.

Jika anda kekurangan vitamin dan mineral yang biasanya juga akan akan tampak terlihat beberapa gejala pada tubuh anda. Ada beberapa tanda yang paling umum ketika anda mengalami kekurangan vitamin dan mineral dan cara mengatasinya.

1. Rambut dan kuku mudah rapuh

Salah satu gejala yang menunjukkan jika anda sedang kekurangan biotin atau yang biasa dikenal sebagai vitamin B7. Biasanya vitamin bisa membantu untuk mengubah makanan menjadi energi.

Saat orang sedang kekurangan vitamin B7 ini sangat langkah terjadi. Tetapi jika anda termasuk pada salah satunya, anda akan alami gejala rambut dan kuku yang rapuh dan juga menipis.

Selain itu juga ada gejala yang lain dari kekurangan biotin yaitu kelelahan yang parah, nyeri pada otot, kram dan juga sering mengalami kesemutan pada tangan dan kaki. Beberapa hal yang bisa menyebabkan anda mengalami kekurangan biotin atau juga vitamin B7.

Jika anda mengalami hal ini, anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan biotin yaitu kuning telur, ikan, daging, brokoli, kacang-kacangan dan pisang.

2. Rambut Rontok

Rambut yang rontok memang hal yang rumlah pada setiap orang. Tetapi untuk kerontokan rambut yang normal hanya 100 helai perharinya. Jika ada yang mengalami kerontokan yang parah, ini sudah menjadi tanda jika mungkin saja anda mengalami kekurangan kadar zat besi.

3. Sariawan

Jika anda sering mengalami sariawan, ini dapat menjadi tanda bahwa anda sedang kurang asupan vitamin atau mineral. Sariawan merupakan sakit yang disebabkan kekurangan zat besi atau vitamin B.

4. Gusi Berdarah

Terkadang pada saat sedang menyikat gigi yang terlalu kasar bisa membuat gusi menjadi berdarah. Nyatanya tidak hanya itu saja, kekurangan vitamin C juga menjadi faktor membuat gusi berdarah.

Kekurangan vitamin C juga bisa terjadi jika anda mengonsumsi buah dan sayuran dengan porsi yang kurang. Ketika anda sedang mengonsumsi vitamin C dengan jumlah yang sedikit, bisa membuat gusi anda mudah berdarah hingga kehilangan gizi.

5. Merasa lebih rabun saat malam hari

Jika anda sedang melakukan diet nutrisi, terkadang bisa membuat masalah pada penglihatan anda. Contohnya jika anda kekurangan vitamin A, yang berhubungan dengan rabun senja yang bisa mengurangi kemampuan orang untuk melihat pada kegelapan.

You may also like