Manfaat Meminum Air Rebusan Jahe Rutin Setiap Hari

Jahe merupakan suatu rempah yang banyak dijumpai di Indonesia karena memang rempah ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, jahe sendiri biasa akan diolah menjadi bagian dari bumbu suatu masakan agar dapat memberikan cita rasa yang lebih nikmat. Ternyata jahe sendiri memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh dan tidak hanya sekedar menjadi rempah suatu masakan, lalu apa saja khasiat yang dimiliki oleh rempah jahe tersebut? simak di bawah ini.

1. Meredahkan rasa mual
Kemampuan jahe dalam menghilangkan rasa mual akibat mabuk laut atau mabuk kendaraan lainnya tentu tidak perlu diragukan lagi, dan jahe sendiri dapat memberikan rasa tenang dan menghilangkan rasa mual pasca selesai operasi dan kemoterapi dan bahkan sangat bagus bagi ibu yang baru saja melahirkan.

2. Membantu meredahkan nyeri dan sakit
Dalam kandungan jahe terdapat senyawa yang bernama Gingerol dan Fenol yang merupakan suatu senyawa yang bersifat sebagai antinyeri, hal ini tentu berguna dalam mengatasi nyeri otot, kram perut, dan bahkan dapat meredahkan iritasi pada lambung.

Fakta dari sebuah penelitian menyebutkan bahwa setelah dilakukan uji coba kepada 60 orang dewasa yang mengalami sakit kepala seperti migrain, air jahe ternyata sangat membantu meredahkan sakit kepala dibandigkan hanya sekedar meminum obat peredah sakit kepala konvensional.

3. Mencegah terjadinya peradangan dan osteoarthritis
Meminum air rebusan jahe yang telah dicampurkan dengan gula aren agar memberikan rasa yang lebih nikmat ternyata sangat membantu dalam meredahkan rasa nyeri otot, hal ini dapat disebabkan karena kandungan pada jahe yang sangat aktif dalam menangani nyeri.

Jahe memiliki kandungan seperti Gingerol, Gingerdione, zinegron, dan Oleoresin yang dapat bekerja melawan peradangan, dan hal ini berguna dan ampuh dalam melawan peradangan yang disebabkan oleh alergi.

4. Baik untuk diet
Setelah dilakukan penelitian kepada 10 orang pria yang meminum air rebusan jahe setelah sarapan, ternyata rasa kenyang yang dihasilkan mampu bertahan lebih lama dibandingkan yang tidak meminum air rebusan jahe setelah sarapan pagi.

Jahe sendiri dibuktikan dapat menurunkan rasa nafsu makan yang tentu dapat menurunkan berat badan, namun tetap dalam sifat alami yang baik karena tubuh tetap akan melakukan metabolisme yang lebih aktif dan dapat mengontrol tingginya tingkatan gula darah didalam tubuh.

5. Kaya antikoksidan
Zat antioksidan merupakan salah satu zat yang penting dimiliki oleh tubuh demi memerangi penyakit, antioksidan sendiri dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang merupakan faktor utama pada tubuh yang terkena penyakit tumor bahkan kanker sekalipun.

You may also like