Geteran Pada Sepeda Motor Dapat Membuat Kamera iPhone Jadi Bermasalah, Ini Penjelasan Pihak Apple

Bagi para pengendara sepeda motor pasti biasanya turut memasang phone holder atau semacam dudukan pada sepeda motor, hal ini berguna untuk dapat memudahkan sang pengendara melihat smartphonenya untuk melihat peta dalam perjalanan. Namun hal ini telah dikonfirmasi oleh pihak Apple bahwa hal tersebut dapat membuat kamera iPhone akan bermasalah seiring waktu, dan pihak Apple sangat tidak menyarankan hal tersebut dilakukan terus menerus karena dapat merugikan sang pemilik iPhone.

Dilansir dari Apple Support bahwa sepeda motor yang memiliki tenaga yang besar tentu akan menghasilkan getaran yang tinggi pula, hal inilah yang sangat tidak disarankan karena dapat menimbulkan kerusakan pada kamera secara permanen. Kerusakan yang dapat ditimbulkan tentu tidak main-main yakni dapat menganggu beberapa system pada kamera iPhone, seperti halnya stabilisasi Gyroscope, OIS (Otical Image Stabilizer), dan AF (closed-loop autofocus).

Kerusakan yang dapat ditimbulkan tersebut tentu dapat mempengaruhi hasil gambar yang diambil dari kamera iPhone tersebut, seperti halnya kerusakan pada bagian OIS dan AF pada sebagian besar model pada smartphone iPhone. OIS sendiri berguna dalam mengunci suatu objek yang akan kita ambil, jadi jika objek yang kita ambil secara tiba-tiba bergerak atau tangan kita tidak sengaja tergerak maka OIS akan bekerja dan mengunci objek tersebut sehingga foto yang dihasilkan tidak buram dan tetap fokus.

Hal yang sama pula pada system AF yang berfungsi meredam getaran pada kamera sehingga objek yang kita ambil akan tetap fokus yang tajam, dan tidak hanya geteran yang tinggi melainkan aksesoris yang bersifat megnetic juga dapat menganggu kinerja kamera pada iPhone. Jadi pihak Apple juga menyarankan bahwa iPhone sebaiknya tidak perlu ditempelkan aksesoris yang terlalu berlebihan, hal ini berguna demi menjaga kualitas dan kinerja smartphone itu sendiri.

Namun pihak Apple sendiri mengatakan bahwa sepeda motor yang memiliki daya yang rendah atau getaran rendah tidak akan mempengaruhi hal tersebut, seperti halnya sepeda motor yang bermodel skuter atau matic tentu tidak memiliki getaran yang terbilang besar karena umumnya motor tersebut memiliki mesin yang halus.

You may also like