Belajar Bersyukur Dengan Kecukupan Yang Ada Membuat Hati Lebih Damai

Banyak orang yang sebenarnya dia memiliki banyak hal, tapi tidak memiliki rasa syukur. Sehingga dia selalu merasa kurang, selalu merasa ada saja yang tidak lengkap. Ini belum cukup. Sehingga orang akan terus mencari dan mencari. Orang akan terus bekerja dan berusaha untuk sesuatu yang lebih dan lebih lagi. Karena mereka merasa tidak puas. Dan itulah yang membuat mereka terus mencari. Banyak orang merasa hidupnya tidak berguna, banyak orang merasa dirinya sial terus, karena terlalu banyak masalah dan ada-ada saja yang selalu menghalanginya untuk maju. 

Belajar Bersyukur Dengan Kecukupan Yang Ada Membuat Hati Lebih Damai

Itu membuat orang berpikir dan merasa apapun yang dia miliki, apapun yang dia lakukan tidak berguna. Tidak ada apa-apanya. Sehingga menjadi kesal sendiri akan itu. Sebenarnya itu bukan hal yang perlu dipermasalahkan. Semua itu akan kembali pada diri kita sendiri. Bagaimana kita mengartikannya. Bagaimana kita memaknai apa yang kita miliki. Dan intinya adalah rasa syukur. Cukup dengan bersyukur dengan apa yang sudah kalian miliki itu sudah bisa membuat diri kalian tenang. 

Percayalah bahwa apapun yang kita miliki sekarang, seberapa banyak uang yang kita miliki sekarang. Pun pas-pasan, coba kita syukuri itu dengan sepenuh hati. Bersyukur karena kalian masih memiliki uang. Bersyukur karena kalian masih dapat makan dan minum hari ini. Bersyukur kalian masih bisa tidur di bawah atap, bukan di jalan. Walaupun semua pas-pasan bersyukur lah akan semua itu. Saat kalian bisa mensyukuri itu kalian akan merasakan perasaan yang sangat tenang dan damai di dalam hati. 

Ada perasaan yang lega dimana kalian malah merasa kalian sudah memiliki semua yang kalian butuhkan. Kalian memiliki banyak hal. Jadi kalian merasa penuh. Dan penuh dengan rasa syukur, dan itu rasanya sangat nikmat. Itu adalah rasa damai yang luar biasa. Dan kalian akan merasakan itu saat kalian mensyukuri apapun yang kalian miliki sekarang. Kalian tetap mensyukuri akan apa yang kalian miliki. Kalian akan lebih memusatkan rasa syukur kalian pada apa yang kalian miliki daripada yang bukan kalian miliki.